<body>
Come To
CERITA LIZA

My Favorite Places
Aestera
AK
Blogfam
HPI
multiply
prenster
HK

My Friends
Ambu Aisa BebeQz Bu Ika Catshade Carine Daniela Denny De Retno Enno Femmy Gage Gembull Heroes My dearest Jo Kade Linda Lily Maknyak Mbak Elsa Mommy Aras Tanteku Nita Novaa Oppie Putri Pyu Sasko Shaven Spawn Teh Yanti Tya Ummay Vie Yauri Yaz

special
Asrama Hogwarts

banner's

Powered by Blogger

Listed by Blogwise


BlogFam Community

Wizzard or Strawberry?
Wednesday, July 30, 2008

Bapak Gagal Ginjal

Bisa dibilang tubuh bapak termasuk kuat, padahal sudah divonis gagal ginjal kronik sejak setahun yang lalu dan mestinya cuci darah dua kali seminggu. Karena di Blora tidak ada fasilitas itu, mau gak mau bapak mesti ke semarang buat cuci darah. Tetapi bapak ogah, alasannya macam2...yang paling dimalesin adalah mesti bolak balik Semarang-Blora yang makan waktu 3 jaman blom cuci darahnya berjam2an belom lalu betenya.

Setahun bapak nekad minum jamu gak jelas, badannya segeran, tetapi setiap bulan bapak badannya bengkak2 karena edema, sebagai salah satu ciri gagal ginjal, mual, males makan dll.

Semua yang dipantang malah bapak doyan, akibatnya, minggu lalu, sabtu tengah malam, bapak sudah gak kuat lagi setelah selama 4 hari gak bisa ngapa2in di tempat tidur. AKhirnya kita lariin di rumah sakit, masuk ICU dan langsung dirujuk ke Semarang besoknya untuk cuci darah. Minggu siang, kita berangkat ke Panti Wiloso, Semarang, tujuan awal ya cuci darah.

Perkiraan bapak cuma 2-3 hari di sana, akhirnya diputuskan saya ama mama cuma ikut nganterin, adek saya Rony yang ketiban nungguin bapak di RS. Ternyata sampai sana bapak gak bisa langsung Hemodialisa (bahasa kerennya cuci darah), mesti masuk ICU dulu buat menstabilkan keadaan bapak, HBnya cuma 2 dan tensinya sampai 190/110, padahal kalau mau HD mesti HBnya minimal 8. Walhasil bapak musti transfusi sampai 2 kantong.

3 hari 2 malam bapak di ICU, akhirnya saya mama dan Naomi memutuskan untuk menginap di rumah saudara buat mengikuti perkembangan bapak. Baru selasa pagi bapak bisa masuk ruang HD, dijadwalkan Jumat HD lagi.

Pihak RS menyarankan bapak pasang CAPD, alias alat cuci darah mandiri yang lebih praktis dan meringankan aktifitas bapak. Awalnya bapak gak mau, karena biar pake askes, pemasangan CAPD masih dikisaran 3 jutaan. Mahal dan bapak mikirnya kalau mesti mati ya udah.

Gara2 Naomi sering kuajak ke RS, bapak mutusin ikut program itu. Kita sih hepi banget...karena buat kehilangan salah satu orang yang kita sayang adalah hal yang paling berat buat kami sekeluarga...

Saya cuma berharap, bapak cepet sehat, dan bisa terus punya semangat hidup...

2 Comments:

At 3:11 AM, Blogger Joan said...

*piyuk Liza*

 
At 11:19 PM, Blogger Hani said...

berkat cucu dong :) apa kabar liza? masih dilombok atau sudah pindah kemana nih?

 

Post a Comment

<< Home