<body>
Come To
CERITA LIZA

My Favorite Places
Aestera
AK
Blogfam
HPI
multiply
prenster
HK

My Friends
Ambu Aisa BebeQz Bu Ika Catshade Carine Daniela Denny De Retno Enno Femmy Gage Gembull Heroes My dearest Jo Kade Linda Lily Maknyak Mbak Elsa Mommy Aras Tanteku Nita Novaa Oppie Putri Pyu Sasko Shaven Spawn Teh Yanti Tya Ummay Vie Yauri Yaz

special
Asrama Hogwarts

banner's

Powered by Blogger

Listed by Blogwise


BlogFam Community

Wizzard or Strawberry?
Tuesday, June 12, 2007

Setahun Yang Lalu, Kurang Lebih

Di blogfam lagi ada pembahasan tentang pemberian ASI. Rata2 memang punya kesadaran untuk memberi ASI, minimal ASI ekslusive maksimal sampai 2 tahun. Kemudian memang ada yang tidak bisa total dengan banyak kendala...kemudian saya teringat, setahun yang lalu saat melahirkan Naomi.

Bahwa saya mesti melahirkan Caecar, dibius total pulak. Karena ini di RSUD, jadi anestesi lokal belum ada. Kemudian setelah operasi, selama 24 jam saya musti di ruang pemulihan, besoknya setelah buang angin saya baru boleh ke kamar perawatan. Selama di ruang pemulihan, saya tidak boleh makan-minum, cuma disubsidi infus. Laper sih enggak, tapi hausnya itu gak nahan. Belum lagi perut kayak diaduk2, tidur udah gak nyenyak...lah dari masuk ruang operasi sampai di ruang pemulihan egh saya blum boleh ketemu Naomi. Jadi total 32 jam saya gak lihat Naomi. Cuma bisa lihat dari Hp. Orang2 malah udah liat Naomi.

Yang tragis, besoknya kan gempa, suami malah lari ke ruang bayi, saya dicuekin. Parahnya malah perawat yg lagi ngewaslap aku malah kabur...ninggalin saya yg lagi tergeletak pasrah dengan infus di lengan... ^-^;;

Jam 2 siang aku baru ketemu Naomi, itu juga gak bisa langsung menyusui...selain ASInya blom keluar, aku juga masih lemes. Besoknya, aku coba menyusui Naomi. Itu juga gak langsung bisa. Naomi nangis sekenceng2nya entah karena puting saya pendek, entah ASInya belum lancar keluarnya. Saya cuma bisa nangis sambil meluk dia, bisik2 ke Naomi "Bunda minta maaf ya sayang, besok2 pasti susu dari bunda banyak."

Besoknya, selama saya dirawat, selama 1 jam setelah dia mandi pagi, Naomi diantar ke kamar saya, buat belajar menyusui atau sekedar saya peluk. Supaya Naomi mengenal bau bundanya. Itu saya yang minta, karena pihak rumah sakit seperti tidak terlalu paham tentang proses inisiasi dini ataupun bonding. Walaupun ketika saya minta diajari menyusui mereka mau dan bahkan bersungguh2 membantu, sampai membantu saya memegangi kepala Naomi atau tangan saya yg kaku terhambat infus.

Selama belajar itu, hidup Naomi pun lebih banyak ditopang oleh susu formula. Pertamanya ditetesi, lama2 karena perawat kewalahan, Naomi terpaksa didot. Saya sempet protes, tetapi tenaga medis di RSUD ini memang kurang. Plus pengetahuan akan laktasi memang minim. Sepupu saya yg jadi perawat di sana pun seperti santai saja saat Naomi diberi dot.

Begitu pulang ke rumah, saya pun tidak langsung memberi ASI full kepada Naomi. Kondisi saya benar2 drop, belum lagi saya mengalami baby blues, malah sering pusing2, nangis sendiri tiap Naomi rewel. ASI saya pun jadi seperti ngadat. Saya cuma bisa mompa ASI, biar Naomi tidak sepenuhnya dengan susu formula.

Kalau tidak disupport oleh orang tua, mertua, suami dan perawat yg datang memandikan Naomi sampai selepas selapan, mungkin saya menyerah untuk menyusui Naomi. Apalagi dengan susu formula Naomi terlihat gemuk, walaupun hobby pipis dan BAB terlalu sering.

Kemudian, saya sadar ASI adalah hak Naomi. Maka saya sekuat tenaga menyusui dia, walaupun dia sempat bete saat menghisap ASI, puting saya kanan kiri sampai lecet karena Naomi terlalu kuat menarik puting saya yg tidak sepanjang dot. Tetapi alhamdulillah, sepuluh hari setelah Naomi lahir sampai sekarang Naomi menyusu ASI saya. Bahkan bisa eksklusive sampai 6 bulan. Saat Naomi 4 bulan banyak yg menyarankan memberi makanan tambahan, karena dia lahap sekali ASInya plus udah tertarik memakan mainannya. Tetapi saya yakin, dengan ASI yg terpenuhi asupan gizinya, Naomi tidak butuh makanan tambahan sampai usia 6 bulan.

Sekarang Naomi masih menyusu ASI, sesekali diberi susu tambahan atau pediasure, tetapi tidak selalu dia mau. Tidak pernah didot lagi, karena hanya digigit2 oleh dia. Naomi sekarang bahkan sudah bisa minum sendiri dengan gelas bergagang duanya, tanpa tutup lubang..langsung gelas! Sekarang sedang belajar makan sendiri dengan sendok. Yg pasti, Naomi selalu memegang potingan buah atau biskuit sendiri untuk dimakan dia. Masih2 acak2an...tetapi paling tidak dia happy ketika waktunya makan.

Cuma saja...setelah makan, teteup saja ngejar ASI...heheheheheh

See? Yang penting kita optimis bisa menyusui...berdoa, berusaha keras dan support dari kanan kiri juga sangat membantu... ^-*

3 Comments:

At 5:02 PM, Blogger agung said...

niche blog neh. bloggroll please dengan http://software-komputer.blogspot.com --- blog tentang kumpulan ramuan herbal untuk berbagai jenis penyakit, moga bermanfaat bagi para pembacanya, thanks

 
At 10:45 AM, Anonymous Anonymous said...

Do you know Asda Story gold? I like it. My brother often goes to the internet bar to buy Asda Story money and play it. After school, He likes playing games using these buy Asda Story Gold with his friend. I do not like to play it. Because I think that it not only costs much money but also spend much time. One day, he give me manycheap Asda Story gold and play the game with me.

 
At 10:54 AM, Anonymous Anonymous said...

I always believe the angel is being and 12sky2 Gold . In fact, we all like listening to the songs of milk tea twelve sky2 Gold .
Generally speaking, I think is her voice very comfortable and mood of the story twelvesky2 Gold , We feel life bit by bit, looking forward the love belonging of the life feelings buy 12sky2 Gold , you will love milk tea like me, let us love her together and play cheap twelve sky2 Gold .

 

Post a Comment

<< Home